BERAKAR DAN BERTUMBUH DALAM KRISTUS – Pdt. Ronny Tse

BERAKAR DAN BERTUMBUH DALAM KRISTUS

KOLOSE 2 : 6 – 12

Pendahuluan

Adakah yang mengetahui Fungsi Akar pada Tumbuhan? Akar merupakan salah satu komponen terpenting pada struktur tumbuhan. Secara garis besar, ada dua fungsi yakni pertama, untuk menyerap air dalam tanah sebagai sumber makanan dan kedua, untuk membuat tumbuhan berdiri kokoh. Dua fungsi ini, bila berjalan dengan baik maka tumbuhan akan bertumbuh dengan subur. Belajar dari dua Fungsi tersebut dapat menolong kita orang percaya untuk mengalami pertumbuhan iman. Berakar dan Bertumbuh dalam Kristus menjadi semangat untuk dapat menghasilkan bukti nyata dari pertumbuhan iman.

Konteks Teks

Jemaat Kolose adalah jemaat yang sedang mengalami pertumbuhan iman sebagaimana jemaat-jemaat pada awal gereja mula-mula. Jemaat ini yang terletak di Asia kecil, sebelah Timur kota Efesus. Rasul Paulus mengutus Epafras dari Efesus untuk mendapatkan laporan tentang pertumbuhan iman jemaat Kolose. Epafras melaporkan bahwa di dalam jemaat itu, ada guru-guru jemaat yang mengajarkan ajaran-ajaran yang salah. Guru-guru ini dibagi dalam dua kelompok yaitu kelompok pertama adalah guru-guru yang mengajarkan tentang peraturan dan ketaatan pada tradisi-tradisi Yahudi, seperti Sunat dan berbagai pantangan makanan bagi orang Yahudi (Psl. 2:16) sekalipun mereka sudah percaya kepada Yesus Kristus. Kelompok kedua adalah guru-guru yang sangat dipengaruhi oleh aliran pemikiran Yunani-Romawi yaitu gnostisisme. Ada tiga hal yang menonjol dalam ajaran guru-guru aliran gnostisisme yaitu :

a. Dunia ini bukan diciptakan oleh Allah, melainkan oleh demiurgos yaitu oknum ilahi yang agak rendah derajatnya dibandingkan dengan Allah. Oleh karena itu dunia ini adalah materi atau bendawi yang berderajat rendah.

b. Manusia pada dasarnya adalah mahluk bersifat ilahi. Ia berasal dari percikan sinar ilahi yang kemudian terpenjara di dalam tubuh bendawi yang bersifat rendah. Hal ini terjadi karena manusia mengalami dosa sehingga sangat merindukan pelepasan.

c. Kelepasan ini hanya bisa dicapai melalui pengetahuan yang harus diusahakan oleh manusia. Pengetahuan ini berhubungan dengan manusia yang disadarkan dan dibebaskan oleh penyelamat yang turun dari dunia terang sejati.

Mendengarkan laporan dari Epafras tentang guru-guru jemaat dengan ajaran-ajaran yang berkembang di jemaat Kolose ini, maka Rasul Paulus menegaskan tentang ajaran yang benar tentang Yesus Kristus. Sehingga beberapa ajaran disampaikan oleh Rasul Paulus bagi jemaat di Kolose yaitu :

a. Di dalam Yesus Kristus telah diciptakan dunia ini dengan segala isinya (Psl. 1:16). Hal ini menolong jemaat untuk melawan ajaran guru-guru gnostisisme tentang dunia yang diciptakan oleh oknum ilahi yang lebih rendah dari Allah.

b. Manusia yang percaya kepada Yesus Kristus adalah manusia yang baru yang telah dikuduskan dan diselamatkan (Psl. 3:5-11). Manusia ini adalah milik kepunyaan Allah dan warga Kerajaan Allah sehingga tidak terikat dengan keinginan duniawi dan segala macam peraturan-peraturan Yahudi.

c. Yesus Kristus adalah Kelepasan yang sempurna bagi manusia. Harapan dan pengetahuan manusia untuk keselamatan hanya ada dalam Yesus Kristus bukan dari pengetahuan atau filsafat yang kosong (Psl. 2:8-9).

Apa yang disampaikan Rasul Paulus kepada jemaat Kolose menolong jemaat untuk dapat berakar dan bertumbuh di dalam Yesus Kristus sehingga jemaat dapat bertambah teguh dalam iman. Berhati-hati terhadap ajaran-ajaran yang dapat menjauhkan diri dari persekutuan iman dengan Yesus Kristus. Menjadi saksi dalam perilaku hidup dengan meninggalkan keinginan duniawi dengan segala hawa nafsunya dan mengenakan manusia baru yang terus menerus diperbaharui di dalam Yesus Kristus.

Aplikasi

Hari ini kita diperhadapkan dengan keadaan zaman dan dunia yang terus mengalami perkembangan. Ada banyak hal yang dapat membuat kita menjauh dari Persekutuan dengan Yesus Kristus. Istilah ilah zaman adalah istilah yang menunjuk kepada semanagat atau gairah zaman yang menguasai sebagian besar manusia pada zaman itu. Orang Kristen bila tidak berakar dan bertumbuh dalam Yesus Kristus dapat terbawa dalam arus ilah zaman. Hal-hal seperti uang, barang, harta kekayaan, kehormatan, pangkat, jabatan, orang yang disayangi bahkan hobi yang di dalamnya seseorang hatinya dihanyutkan untuk menjauh dari persekutuan dengan Yesus Kristus. Contohnya, ada orang Kristen yang menghabiskan waktu berjam-jam untuk menonton TV atau bermain HP dari pada membaca Alkitab. Ada orang Kristen yang bekerja mencari uang sampai melupakan waktu untuk beribadah, ada orang Kristen yang rela kehilangan iman karena pangkat atau jabatan, ada orang Kristen yang tidak bisa mengampuni karena takut kehilangan kehormatan, ada orang Kristen yang karena hobi bisa melewatkan waktu ibadah, dll. Berhati-hatilah supaya jangan sampai kita digolongkan sebagai orang-orang Kristen yang termasuk di dalamnya. Maka nasehat Rasul Paulus bagi jemaat Kolose dapat berlaku bagi kita pada saat ini. “Kamu telah menerima Kristus Yesus, Tuhan kita. Karena itu hendaklah hidupmu tetap di dalam Dia. Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur (Psl. 2:6-7)”.

Penutup

Berakar dan Bertumbuh dalam Kristus memberikan 2 hal penting bagi kita, Sebagaimana fungsi akar pada tanaman.

1. Berakar dan bertumbuh dalam Kristus membuat kita menjadi orang Kristen yang terus menerus belajar mencari Kebenaran Firman Tuhan dalam Alkitab untuk dapat menghadapi ilah zaman masa kini

2. Berakar dan bertumbuh dalam Kristus menjadikan kita, orang Kristen yang kuat dan kokoh dalam hidup ini untuk dapat melawan berbagai godaan dan ajaran-ajaran pada masa kini yang menjauhkan kita dari persekutuan dengan Yesus Kristus.

Nyanyian Anak Sekolah Minggu yang berbunyi “Baca Kitab Suci, Doa Tiap Hari, Doa Tiap Hari Kalau mau Tumbuh” memberikan semangat bagi kita untuk terus berakar dan bertumbuh dalam Kristus. Tuhan Memberkati Firman-Nya. A m i n

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *