JAMBORE ANAK & REMAJA TINGKAT KLASIS AMANUBAN TIMUR 14-17 JULI 2015

“BERSAMA BERBAUR,BERGEMBIRA, BERTUMBUH DALAM KESEDERHANAAN”

Hore….. kita jambore lagi ,demikian luapan kegembiraan anak-anak & Remaja dari beberapa jemaat ketika mendengar berita mimbar pada 20150717_085816kebaktian minggu

Sejak tanggal 14 – 17 Juli 2015 Majelis Klasis Amanuban Timur menyelenggarakan Kegiatan Jambore Anak & Remaja   se- Klasis Amanuban Timur di lokasi perkemahan Kali Tenlenu .

Kegiatan Jambore   ini telah digumuli dan   direncanakan sebelumnya oleh para pelayan Gereja GMIT ( para pendeta se- Klasis Amanuban Timur )dengan beberapa dasar pertimbangan bahwa anak yang adalah penentu & penerus generasi bangsa termasuk Gereja Tuhan didalamnya   seringkali hak – hak mereka diabaikan, bahkan anak sering dijadikan sebagai obyek kepentingan tertentu .Oleh karena itu persidangan Majelis Klasis Amanuban Timur tahun 2015 melalui   surat Keputusan Majelis Klasis nomor 04/MK-GMIT/2015 tentang Program Pelayanan bidang Koinonia,   menetapkan kegiatan jambore bagi anak dan Remaja se- Klasis Amanuban Timur.

 

Keput20150715_071727usan ini kemudian ditindaklanjuti dengan Rapat pembentukan panitia pada bulan Mei 2015 dengan memberi tanggung jawab  kepada Kmj wil Oebesa Pdt Haneda Taimenas S.Th   sebagai Ketua, Pnt Yohanis Soinbala S.Pak(Ket UPP PAR) sebagai sekertaris dan pdt . Catarina Adang Djaha S.Th (KMJ Wil Besnam ) sebagai bendahara dan dibantu oleh beberapa seksi .20150717_081812

Dengan  Moto “BERSAMA, BERBAUR,BERGEMBIRA, BERTUMBUH DALAM KESEDERHANAAN” kurang lebih  350 orang   anak dan remaja dari 12 jemaat( yakni jemaat Nazareth Oe,Ekam, Jemaat Wilayah Maunsenu,Jemaat Wilayah Oelet, Jemaat wilayah Pisan, Jemaat Wilayah Oeleon, jemaat Wilayah Telukh, Jemaat Wilayah Tipa, jemaat wilayah Haunomaten, Jemaat wilayah Bi,Ito, jemaat wilayah Besnam, jemaat Wilayah Oebesa dan jemaat Anugerah) sebagai tuan rumah bersama para pengajar, pendamping dan pendeta seklasis Amanuban Timur mengisi masa liburan sekolah dalam kegiatan jambore PAR .

 

Acara pembukaan Kegiatan Jambore Anak dan Remaja Tingkat Klasis Amanuban Timur tahun 2015 baru dimulai  pada tanggal 15 juli 2015 namun semua peserta telah tiba  di lokasi jambore pada H-1 yakni  tanggal 14 Juli 2015    untuk persiapan penginapan 20150715_064423(tenda) registrasi dan lain sebagainya. acara pembukaan diawali dengan Ibadah pembukaan yang dipimpin oleh Nn Micel Nong mahasiswa semester VIII Fak Teologia UKAW yang sedang menjalani masa praktek di Klasis Amanuban Timur. Kemudian dilanjutkan dengan laporan Ketua Panitia. Dalam laporan singkatnya   ketua Panitia yg sering disapa dengan nama  panggilan  Ibu Haneda menyampaikan minimnya persiapan panitia   karena berbagai  kesibukan  yang  dialami  oleh  panitia , tetapi jika saat ini kita  semua bisa berkumpul dan menyelenggarakan kegiatan Jambore, maka sesungguhnya ini karena kehendak Tuhan. Selanjutnya sebelum membuka kegiatan secara resmi , dalam suara Gembalanya , Ketua Majelis Klasis Amanuban Timur, Pdt. 20150715_103628Saneb Yohanis Ena Blegur, S.Th menyampaikan beberapa harapan kepada para penentu kebijakan pelayanan dalam hal ini Para Presbiter agar tidak mengabaikan pelayanan Rohani kepada anak-anak . menurutnya banyak gereja di klasis Amanuban  Timur yang sering mengabaikan kebaktian utama untuk anak dan remaja, banyak sekolah minggu tidak berjalan karena berbagai alasan , mulai dari   tidak ada pengajar hingga kegiatan rapat-rapat dalam gedung kebaktian seusai kebaktian…kiranya melalui kegiatan jambore ini anak-anak bisa semangat lagi ke gereja, semangat mengikuti Sekolah Minggu serta para pengajar memberi hati   untuk melayani dan menjadi kakak, teman dan sahabat kepada  anak-anak di sisi lain, para pemimpin gereja tidak mengabaikan lagi kepentingan anak-anak.

Seusai suara gembala dan pembukaan, kegiatan jambore dimulai  dengan perkenalan20150715_110153 . dengan lagu Helo-helo apa Kabar mu yang dipandu oleh Nyonya Jeni Tetehuka Makunimau S.Th   yang kaya dengan segudang pengalaman ketika Ia   masih menjabat sebagai salah satu bidang kepemudaan di PGI langsung mencairkan suasana dengan membaurkan anak –anak yang tadinya masih berkumpul berdasarkan gereja, berdasarkan kenalan dll. Akhirnya terbentuklah 12 kelompok yang sebelumnya   berdasarkan jumlah gereja yang hadir, ditambah dengan 1 kelompok yang diberi nama kelompok gado-gado. Kelompok gado-gado ini terbentuk   karena antusiasme yang begitu tinggi dari   anak-anak yang ada di sekitar lokasi kegiatan Jambore sehingga sekalipun mereka tidak terdaftar secara resmi namun dengan jumlah yg cukup banyak, semangat yang tinggi, bahkan menunjukan kekompakan mereka dengan yel-yel.

Beberapa kegiatan mewarnai hari pertama jambore anak dan Remaja tingkat Kl20150715_120411asis Amanuban Timur yakni : bermain games ,merobohkan sifat buruk dengan pemandu Nona Ruth Lumba Kaana & kawan-kawan, kemudian melatih lagu baru oleh nona Eko, Dina dan kawan-kawan, (mahasiswa STAKN & FTh UKAW, )selanjutnya rangking satu sesi 1 bersama kk pdt Aplonia A. Kou, S.Th & kk pdt Timotius E. Makunimau, S.Th ,selanjutnya   menggambar bebas oleh remaja hingga kegiatan ditutup pada malam hari dengan pemutaran film berjudul DENIAS.

 

Hari kedua dimulai denga

n Saat Teduh di tenda masing-masing yang dipimpim oleh 20150717_061927mahasiswa STAKN dan Teologi yang sedang melakukan praktek lapangan. Setelah Saat Teduh, seluruh peserta Jambore diajak berolahraga bersama yang dipandu oleh nn. Eko dan Dina. Selesai berolahraga,semua peserta Jambore kembali ke tenda, bersih-bersih diri untuk kegiatan hari kedua. Karena lokasi kegiatan yang berada di seputaran kali Tenlenu maka anak-anak diarahkan untuk mandi di kali sambil menikmati suasana alam yang asri, segar dan menyenangkan.

Di hari kedua ini, selain bernyanyi, bergembira, berbaur dan berkegiatan bersama maka ada pula kegiatan bersama GKY Mangga Besar Jakarta. Sementara itu para pe20150715_152932ngajar PAR ada dalam forum diskusi group (FGD) dalam rangka pengumpulan data anak Par se klasis Amanuban Timur.menurut ketua UPP Klasis Amanuban Timur pnt Yohanis Soinbala S.Pak yang memandu jalannya FGD tersebut mengatakan bahwa banyak catatan evaluasi,kritik,saran telah dsampaikan oleh para pengajar   dan hampir sebahagian besar berbicara mengenai ketidak aktifan kebaktian anak dan remaja di gereja masing-masing karena kurangnya pengajar di dan juga minimnya kehadiran anak-anak serta   ketiadak tersediaan   bahan ajar di jemaat masing-masing juga menja

di kendala .

Dari formulir pendataan awal yang telah di isi oleh 12   gereja yang hadir dalam kegiatan jambore tersebut   ternyata kurang lebih sepuluh ribu anak dan remaja yang ada di klasis Amanuban timur . jumlah sebesar ini bisa menjadi potensi Gereja Masehi injili di timor di masa yang akan datang jika sejak dini mereka diberi perhatian khusus, namun bisa juga menjadi ancaman   jika gereja secara institusi mengabaikan kah-hak mereka sejak dini .

CIMG1011

Di hari ketiga diisi dengan kegiatan jelajah medan, anak-anak dibagi menurut jemaat masing-masing, berjalan sambil bernyanyi dan melewati 5 pos dengan rangkaian kegiatan di setiap pos yaitu:

Pos 1: pesan berantai

Pos 2: memecahkan sandi

Pos 3: menangkap kesempatan, mengabaikan godaan

Pos 4: memindahkan air dengan gayung

Pos 5: menyusun ayat

 

Pada titik terakhir jelaja medan,anak-anak dilatih untuk menanam pohon(daun kelor ).

Kegiatan jambore PAR diakhiri dengan kebaktian penutupan yang dipimpin oleh sdr CIMG0980Sony Tuati,mahasiswa semester VIII dari FTh UKAW kupang sekitar pukul 15 petang ,kemudian laporan ketua panitia pdt Haneda Taimenas S.Th yang pada intinya menggariskan  bahwa kegiatan jambore yang berlangsung selama 3 hari ini hanya bermodalkan biaya kurang lebih 6 juta rupiah yang diperoleh dari kontribusi jemaat-jemaat kurang lebih 3 juta dan sisanya adalah sumbangan dari pihak ketiga.selanjutnya suara gembala dari Ketua Majelis Klasis Amanuban Timur  sekaligus kegiatan jambore PAR tingkat Klasis Amanuban Timur ditutup secara remi. dengan sebuah harapan dari anak-anak agar  jambore PAR tingkat Klasis ini  dilakukan setiap tahun dengan kegiatan yang lebih menarik lagi …..

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *