MAKNA SEBUAH NAMA

MAKNA SEBUAH NAMA

Kita pernah mendengar ungkapan ini dalam bahasa Inggris: What’s in a name?” Maksudnya, suatu nama hanya nama saja sebenarnya tidak berarti.

Sebuah nama bukan konsep kosong. Ia adalah sebuah substantif, yang ada hubungannya dengan sebuah hakekat. Dengan kata lain, sebuah nama adalah sesuatu yang sungguh-sungguh. Kalau kita menyebut seekor binatang “anjing” tentu yang kita maksudkan makhluk berkaki empat yang menyalak. Selanjutnya kita menamakan “Lucu” maka ia berada dalam kuasa kita. Bila kita memanggil “Lucu” anjing diharapkan memberi reaksi dengan mengibas-ngibas ekornya. Kita akan sangat kesal jika ia tidak menanggapi panggilan kita.

Jadi di lain pihak sebuah nama menunjukkan totalitas si penyandang nama atau menunjukkan kuasa si pemberi nama atas totalitas si penyandang nama.

Dalam Alkitab nama seseorang menerangkan identitasnya. Misalnya Adam, “manusia,” “debu” karena manusia itu dari debu, dibentuk dari debu. Nama ini sesuai dengan keberadaannya. Demikian juga sebutan yang dipakai Adam untuk perempuan yang dibentuk dari rusuknya: “manusia perempuan”. Juga nama Hawa yang diberikan kepada istri Adam setelah kejatuhan dalam dosa penuh. Hawa “yang memberi kehidupan” sebab dialah yang menjadi ibu semua yang hidup.

Malaikat itu berkata kepada Yusuf

Matius 1:21 “Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka.”

Nama Yesus ini adalah nama pergaulan sehari-hari di lingkungan dan keluarga. Bukan sebuah konsep kosong, sebuah substantif yang ada hubungannya dengan sebuah hakekat Yesus datang ke dalam dunia.

Nama Yesus menunjukkan totalitas Yesus menyelamatkan umatNya juga si pemberi nama yakni Tuhan Allah.

Yesus itu yang dibutuhkan oleh Yesaya Matius 1:22-23 Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi:

“Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel” — yang berarti: Allah menyertai kita.

Yesus Sang Imanuel. Ia telah lunas menyelamatkan kita dan akan terus menyertai kita. (FN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *