MENCARI YANG HILANG

MENCARI YANG HILANG
LUKAS 15:1-7

“Siapakah di antara kamu yang mempunyai seratus ekor domba, dan jikaulah ia kehilangan seekor di antaranya tidak meninggalkan yang sembilan puluh sembilan ekor di padang gurun dan pergi mencari yang sesat sampai ia menemukannya?”

Seratus ekor domba satu hilang lalu meninggalkan yang sembilan puluh sembilan hanya untuk mencari yang satu secara ilmu manajemen (ekonomi) modern hal ini sangat tidak logis. Kebanyakan orang akan membiarkan satu domba hilang asalkan sembilan puluh sembilan domba yang dimilikinya tidak hilang.
Buat apa mengejar satu mengorbankan sembilan puluh sembilan domba lainnya? Tetapi itulah bedanya dengan pelayanan dalam gereja. Ketika manusia modern memegang teguh prinsip ekonomi, Yesus mengajarkan bahwa di mata Tuhan satu domba itu sangat berharga. Di sinilah kita menemukan hati Allah yang penuh belas kasih. Allah tidak menghendaki ada yang hilang.
Siapa yang dimaksud Yesus hilang?
Seekor domba yang hilang adalah gambaran dari setiap orang yang dianggap berdosa oleh sesamanya sehingga layak untuk dijauhi dan dikucilkan. Sedangkan, sembilan puluh sembilan domba yang ditinggalkan adalah gambaran orang-orang yang merasa diri benar karena memahami dan melaksanakan aturan-aturan Taurat.
Hal menarik dari perumpamaan ini adalah ketika sang gembala meninggalkan kesembilan puluh sembilan ekor domba, demi mendapatkan seekor domba yang dijauhi oleh kawanannya. Lalu, ketika sang gembala menemukannya, sang gembala tidak membawanya kembali kepada kawanannya yang sembilan puluh sembilan ekor. Sang gembala bersukacita atas ditemukannya domba yang seekor itu, sang gembala memilih untuk bersama-sama dengan domba yang ditemukan itu. Dengan kata lain, sang gembala meninggalkan kesembilan puluh sembilan ekor domba yang merasa diri benar dan merasa tidak memerlukan sang gembala.
Jika hendak menemukan sang Gembala Agung temuilah Dia di mereka yang diasingkan dari kumpulan masyarakat yang kaya, mementingkan diri sendiri demi keuntungan. FN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *