PERHADAPAN BADAN PENGURUS PEMUDA KLASIS AMANUBAN TIMUR PERIODE 2015-2019

“MENJADI MANUSIA ALLAH BAGI ORANG-ORANG MUDA”

Wajah Gereja Maranatha Nifu Hu’e menjadi berbeda pada hari Minggu tanggal 25 September 2016, bahwasannya pagi itu para Pemuda Klasis Amanuban Timur bergegas bangun dari Pembaringan dan Menuju Kali Tenlenu, mempersiapkan diri untuk mengikuti Perhadapan Badan Pengurus Pemuda Klasis Amanuban Timur dalam kebaktian utama Minggu pagi itu. Suasana penuh keakraban yang dibangun para pemuda telah terjadi satu hari sebelumnya. Memang para pemuda sudah diwajibkan untuk menginap di Gereja Maranatha Nifu Hue sehubungan dengan kegiatan Penggembalaan yang mulai dilaksanakan bersamaan dengan Penggembalaan Baptisan Kudus bagi 11 orang anak dan 1 orang dewasa pada Sabtu, 24 September 2016.

1475118365945Pembentukan Badan pengurus Pemuda lingkup Klasis Amanuban Timur untuk periode pelayanan 2015-2019 merupakan salah satu amanat persidangan Majelis Klasis Amanuban Timur tahun pelayanan 2016 kepada Unit Pembantu Pelayanan (UPP) Pemuda dalam hal ini dipercayakan kepada saudara Liger Banunaek. Berdasarkan amanat tersebut maka pada tanggal 25 September 2016, Badan Pengurus Pemuda Klasis Amanuban Timur yang telah terbentuk pada tanggal 4 Juni 2016 di wilayah Pelayanan Bi’ito tersebut dilangsungkan kebaktian Perhadapan di mata Jemaat Maranatha Nifu Hue, jemaat Anugerah Klasis Amanuban Timur.

1475118366732Menurut Ketua UPP Pemuda bahwa sebelumnya Ia sedikit pesimis akan kehadiran BP Pemuda terpilih dalam kegiatan perhadapan tersebut karena baru pertama kali kegiatan seperti ini dilakukan, jangankan perhadapan dalam suatu kebaktian pembentukan badan pengurus saja tidak pernah terjadi, justru yang sering terjadi adalah pengakuan sebagai pemuda Gereja namun tidak dalam sebuah organisasi gereja yang resmi sehingga keberadaan dan pengakuan jemaat kepada pemuda Gereja secara resmi sering dipertanyakan…

“Antusias yang luar biasa ini merupakan langkah awal yang baik, yang perlu dijaga dan didukung oleh semua pihak agar semangat mereka terus menyala”, demikian juga respon positif disampaikan oleh pdt. Aqurius D. Laufa S.Si-Teol yang dipercayakan sebagai pendeta pendamping

1475118367455Selain hadir untuk diperhadapkan, para pemuda Klasis Amanuban Timur yang diketuai oleh: sdr. Adi Papa Kahewa Mbani ini, melakukan kegiatan lain yang turut memberkati Jemaat Maranatha Nifu Hu’e antara lain, Pemutaran Film Rohani dan Bhakti Sosial penyelesaian Lapangan Voli di halaman depan gedung gereja.

1475118262442Selain sebagai pendeta pendamping pemuda Klasis Amanuban Timur, Pdt. Lief (sapaan Ketua Majelis Jemaat wilayah Anugerah), yang juga tampil sebagai Pelayan Firman Tuhan dalam kebaktian tersebut mendasarkan khotbahnya dari I Timotius 6 : 11-16 menegaskan bahwa “Badan Pengurus Pemuda sebagai tonggak keberhasilan Pemuda Klasis Amanuban Timur dituntut untuk menjadi manusia Allah zaman ini, yakni harus tampil beda di tengah dunia yang gelap dan semakin jahat guna dapat membawa terang dalam kehidupan bagi orang-orang muda di Amanuban Timur. Orang-orang harus belajar banyak dari Timotius yang masih berusia muda namun telah memberi diri untuk aktif dalam pelayanan kepada Tuhan”

1475118367026Ketua Majelis Klasis Amanuban Timur, Pdt. Saneb Y. E. Blegur, S.Th yang turut hadir dalam kegiatan ini dalam suara gembalanya juga menekankan bahwa: “Iman yang telah ditanamkan melalui baptisan sejak kecil bahkan melalui Pengajaran di Sekolah Minggu harus terus dipertahankan melalui berbagai bentuk pelayanan bagi para pemuda Kristen, agar tidak keropos dan hilang termakan tantangan zaman. Di sinilah peran Badan Pengurus Pemuda yang baru diperhadapkan untuk merancang program dan melakukan berbagai terobosan pelayanan guna pembangunan iman para Pemuda pada khususnya dan Jemaat Amanuban Timur pada umumnya”.

1475118367150Selepas Ibadah dilanjutkan dengan Sharing bersama tentang Organisasi Kepemudaan yang dipandu oleh Ketua Majelis Klasis Amanuban Timur. Terik mentari yang seakan membakar tubuh seolah-olah menyulut semangat para pemuda untuk memberikan usulan serta pertanyaan kepada nara sumber berkaitan dengan organisasi. Melalui sesi tanya jawab, Kegiatan Pertemuan Raya Pemuda GMIT ke-5 di GMIT Elohim Bukapiting Klasis Alor Timur Laut menjadi salah satu agenda percakapan yang dipimpin langsung oleh ketua pemuda terpilih yang turut didampingi oleh ketua UPP, Pendeta Pendamping dan Ketua Majelis Klasis Amanuban Timur.

1475118367058“Sekalipun waktunya sangat singkat karena berbagai kesibukan pribadi serta keluarga sehingga persiapan kita mau dibilang tidak terlalu maksimal namun dalam waktu satu atau dua hari ini kita berharap bisa bekerja secara maksimal secara khusus kegiatan penggalangan dana”, demikian ungkapan pembuka disampaikan oleh ketua pemuda terpilih sdr. Adi Papa Kahewa Mbani.

1475118367374Respon positif langsung diberikan oleh semua anggota badan pengurus khususnya ketua bidang pendanaan dan bidang-bidang yang lain bahwa siap mendukung semua persiapan yang telah disepakati mulai hari Senin hingga keberangkatan pada hari Senin, 3 Oktober 2016. Acara diakhiri dengan makan siang bersama dan bhakti sosial (penyelesaian sisa pekerjaan lapangan voly).

Sayonara terdengar diakhir perjumpaan, ada rasa haru tapi ada janji dalam hati untuk mengalami kembali kebersamaan dan canda tawa di Mauleum. Semoga semangat kebersamaan dan persekutuan ini terus berlanjut dalam sepanjang Pelayanan Badan Pengurus Pemuda Klasis Amanuban Timur. (Uis Neno Nokan Kit). LL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *