SYUKURAN JAGUNG MUDA – PDT. RONNY TSE

BERKAT TUHAN MARI HITUNGLAH

Ulangan11 : 13 – 18

Doa Jagung Muda atau onen penmate adalah tradisi gereja yang dilaksanakan oleh jemaat-jemaat di Pulau Timor. Tradisi ini sudah berlangsung cukup lama sehingga di beberapa jemaat hal ini sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan turun-temurun. Keluarga yang akan menikmati atau makan jagung muda diawali dengan Doa Syukur. Ini adalah tradisi mensyukuri berkat Tuhan.
Jagung adalah salah satu tanaman penghasil sumber karbohidrat, selain padi dan gandum. Berdasarkan temuan-temuan antropologi dan arkiologi jagung berasal dari Amerika Tengah. Tepatnya di Meksiko bagian Selatan. Kapan jagung masuk ke Indonesia dan NTT? Dalam catatan sejarah, jagung masuk ke Asia Tenggara, termasuk Indonesia pada abad ke-16 dibawa oleh bangsa Portugis. Jagung mulai dibudidayakan oleh orang-orang Timor sampai dengan sekarang ini. Bahkan jagung menjadi makanan pokok orang Timor. Tanaman jagung adalah berkat Tuhan maka hitunglah berapa lama jagung bertahan dari abad 16 sampai abad 21 (1 abad sama dengan 100 tahun kalender)
Teks Ulangan11 : 13 – 18 adalah bagian dari Kitab Ulangan. Tema utama kita ini adalah SYEMA YISRAEL YAHWE ELOHENU YAHWE EHAD artinya DENGARLAH HAI ISRAEL, YAHWE ITU ALLAH KITA, YAHWE ITU SATU (psl. 6:4) . Ini merupakan pengakuan kepercayaan orang Israel. Pengakuan ini lahir oleh karena situasi di Tanah Kanaan dengan orang Kanaan yang percaya kepada banyak dewa (Baal). J. Blommendaal membagi Kitab Ulangan dengan 6 bagian besar yaitu : Bagian pertama Pasal 1 – 4:43 : pendahuluan yang pertama, bagian kedua Pasal 4:44-11 : Pendahuluan Kedua, bagian ketiga Pasal 12 – 26 : Pusat Kitab Ulangan, bagian keempat Pasal 27 – 28 : Upacara di Sikhem, bagian kelima Pasal 29-30 : Kata-kata perpisahan Musa, bagian keenam Pasal 31 – 34 : Tambahan. Maka teks Pasal 11 ada dalam bagian Pendahuluan kedua.
Dalam pendahuluan kedua pada Pasal. 11 Umat Israel yang keluar dari Mesir dibawa pimpinan Musa akan memasukki Tanah Kanaan yaitu negeri yang dijanjikan Tuhan. Waktu bangsa Israel menduduki dan tinggal di Tanah Kanaan maka akan ada perubahan kehidupan dari orang Israel. Contoh perubahan kehidupan adalah dari hidup yang mengembara di Padang Gurun menjadi hidup menetap di Tanah Kanaan. Dari Hidup yang bergantung pada makanan yang disediakan Allah berupa manna menjadi hidup yang bergantung pada usaha pertanian dengan mengolah tanah untuk menanam gandum dan anggur. Musa mengingatkan secara sungguh-sungguh umat Tuhan bahwa Ketaatan mendatangkan berkat sedangkan ketidaktaatan mendatangkan kutuk. Bentuk berkat dari ketaatan dalam pasal 11:14 adalah Tuhan memberikan hujan untuk tanahmu pada masanya, hujan awal dan hujan akhir, sehingga engkau dapat mengumpulkan gandummu, anggurmu dan minyakmu. Cara terbaik untuk hidup dalam ketaatan pada Tuhan adalah mendengarkan dengan sungguh-sungguh perintah Tuhan sehingga mengasihi Tuhan dan beribadah kepada Tuhan dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu (ayt. 13). Hati-hatilah supaya tidak menyimpang dari perintah Tuhan sebab Tuhan akan murka dengan menutup langit sehingga tidak ada hujan sehingga tanah tidak mengeluarkan hasil (ayt. 16). Perintah Tuhan ini menjadi panduan bagi orang Israel ketika mereka tinggal di tanah Kanaan.
Aplikasi
Tuhan memberkati umat-Nya Israel dengan hujan di Tanah Kanaan, Tuhan yang sama juga memberkati kita dengan hujan di Tanah Timor. Karena itu ada 2 hal yang perlu kita perhatikan yaitu :
1. Pengakuan iman kita bahwa Tuhan adalah Allah yang menjadi sumber kehidupan haruslah diwujudnyatakan dalam tindakan sehari-hari. Ketaatan dalam mendengarkan perintah Tuhan di lakukan dengan mengasihi Tuhan dan sesama. Serta jangan lupa beribadah, sebagai bagian dari persekutuan kita dengan Allah.
2. Hujan adalah berkat Tuhan yang harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Hujan ada masanya. Bagi kita di tanah Timor, musim hujan ada di bulan Nopember sampai bulan April. Pada hujan awal (Nopember) tanaman jagung ditanam. Petani diberikan waktu untuk mempersiapkan lahannya (Juli – Oktober) sehingga waktu musim hujan dapat menanam jagung. Ketaatan pada Tuhan adalah memanfaatkan waktu dari Tuhan untuk mempersiapkan lahan, mempersiapkan bibit dan menanam. Hari ini kita makan jagung muda adalah melalui proses yang panjang dari persiapan lahan sampai panen jagung muda. Ingatlah, bahwa wujud ketaatan pada Tuhan adalah beribadah dengan mensyukuri berkat Tuhan.
Penutup
Hasil pertanian ladang atau kebun jagung di tanah Timor sangat bergantung pada curah Hujan. Hujan adalah berkat Tuhan yang harus dimanfaatkan oleh petani.Tuhan memberikan hujan pada masanya sebagai berkat bagi petani untuk mengolah tanah dan menanam jagung. Doa syukur jagung muda adalah wujud syukur dalam ibadah dari ketaatan kita dalam mensyukuri berkat Tuhan. Akhirnya berkat Tuhan mari hitunglah, Kau ‘kankagum oleh kasih-Nya, Berkat Tuhan mari hitunglah kauniscaya kagum oleh kasih-Nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *